FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan, jika Anda tidak menemukan jawaban yang tepat silahkan hubungi kami melalui email ataupun Live Chat.

  1. Apa itu pinjaman Invoila?

    Pinjaman yang menggunakan basis pendanaan tagihan (Invoice Financing) yang merupakan pinjaman cepat untuk kebutuhan modal usaha. Dana pinjaman dimulai dari Rp 8 juta hingga Rp 400 juta, dengan tenor 1, 2 dan 3 bulan. Bagaimana cara saya mengajukan pinjaman melalui Invoila?
    Sangat mudah untuk mengajukan pinjaman melalui Invoila. Tim Invoila akan meminta Anda untuk memberikan beberapa informasi mengenai data pribadi yang diperlukan termasuk dokumen legalitas perusahaan yang masih berlaku. Kemudian aplikasi pinjaman akan dianalisis dan diseleksi melalui sistem penilaian kredit. Setelah aplikasi tersebut disetujui, pinjaman Anda akan ditampilkan di Marketplace Invoila.

  2. Informasi atau dokumen apa sajakah yang dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman?

      a.  Warga Negara Indonesia, dibuktikan dengan melampirkan data e-KTP
      b.  Mempunyai NPWP Pribadi atau Badan Usaha
      c.  Mempunyai Rekening Bank di Indonesia
      d.  Legalitas perusahaan (jika mengajukan sebagai badan usaha)
      e.  Badan hukum bisa berbentuk PT atau CV
      f.  Laporan keuangan 1 tahun terakhir yang dapat dibuktikan keabsahannya atau yang telah diaudit akan
         lebih cepat diproses oleh Invoila
      g.  Rekening Bank 6 bulan terakhir
      h.  Bisnis beroperasional minimal 1 tahun
      i.  Berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung

  3. Apa saja biaya yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di Invoila?

    Biaya yang dikenakan adalah biaya administrasi dan biaya bunga. Semua biaya akan diinformasikan kepada Peminjam sehingga tidak ada biaya terselubung. Kami hanya akan membebankan biaya setelah pinjaman dicairkan.

  4. Biaya yang dikenakan oleh Invoila?

    Besar biaya administrasi atau biaya platform yang dikenakan oleh Invoila sebesar 3% - 3,5% dari jumlah pinjaman yang disetujui tergantung risiko pinjaman.

  5. Berapa bunga yang harus dibayarkan untuk setiap pinjaman?

    Tingkat bunga akan bergantung pada profil setiap pinjaman berdasarkan penilaian kredit dan tingkatan risiko kredit yang ditetapkan berdasarkan proses analisis kredit oleh tim analis kredit Invoila.

  6. Berapa Lama proses untuk mendapatkan pinjaman di Invoila?

    Waktu yang dibutuhkan dari lengkapnya dokumen hingga status pengajuan pinjaman adalah 5 hari kerja. Apabila pinjaman disetujui, maka permohonan pinjaman anda akan tersedia di Marketplace Invoila untuk proses pengumpulan dana dari pendana. Proses ini akan dilakukan selama 7 atau 14 hari kerja, terhitung setelah pinjaman disetujui. 
    Apabila sebelum 7 atau 14 hari kerja jumlah dana telah memenuhi pinjaman yang diajukan, maka proses pengumpulan dana akan ditutup dan dilanjutkan ke proses konfirmasi pencairan dana. Apabila setelah 7 atau 14 hari kerja jumlah dana belum memenuhi pinjaman yang diajukan, maka pinjaman tersebut akan otomatis ditolak oleh sistem.

  7. Kapan saya bisa memperoleh dan menggunakan dana pinjaman saya?

    Proses analisis, seleksi, dan persetujuan oleh tim analis kredit Invoila akan memakan waktu maksimal 5 hari kerja setelah seluruh persyaratan dokumen dilengkapi, dilanjutkan dengan 7 atau 14 hari masa penawaran di Marketplace tergantung pilihan yang diambil. Jika dana telah terkumpul 100% sebelum masa penawaran Marketplace maka dana bisa dicairkan.

  8. Apakah pinjaman yang ditawarkan di Invoila Marketplace sudah pasti akan dibiayai?

    Invoila tidak memberikan garansi bahwa seluruh pinjaman yang ditawarkan di Marketplace akan dibiayai 100%. Jika setelah masa penawaran (7 atau 14 hari) jumlah pendanaan masih di bawah 70% atau kurang dari Rp 7 Juta, maka pinjaman tersebut akan otomatis ditolak oleh sistem.

  9. Bagaimana saya mengetahui pinjaman saya akan didanai atau tidak?

    Ketika permohonan pinjaman anda telah disetujui, permohonan anda akan tersedia di Invoila Marketplace untuk dapat didanai oleh para pendana kami. Anda dapat mengetahui proses pengumpulan dana pinjaman pada dashboard akun anda. Jika progress bar telah mencapai 100% atau setidaknya 70% atau minimal Rp 7 Juta, maka dana pinjaman anda dapat dicairkan.

  10. Saya belum mendapat kabar tentang pendaftaran pinjaman saya. Apa yang harus saya lakukan?

    Setelah kami menerima permohonan Anda, kami akan mencoba menyelesaikan analisa terhadap aplikasi anda dalam 5 hari kerja. Mohon untuk melakukan pengecekan email anda dan pastikan telepon seluler Anda selalu aktif agar customer support Invoila dapat menghubungi Anda. Jika Anda belum mendengar kabar dalam jangka waktu 1 minggu, mohon kirimkan email kepada Invoila di support@invoila.co.id atau Anda dapat menghubungi kami melalui telepon di (+62)21-29308989 dari Senin-Jumat, jam 09:00-17:00 WIB atau silahkan melakukan kontak melalui live chat Invoila.

  11. Mengapa mengajukan pinjaman melalui Invoila?

    Dibandingkan lembaga keuangan konvensional, Invoila menawarkan bunga yang lebih kompetitif terhadap setiap pinjaman, proses pengajuan pinjaman lebih fleksibel, transparan terhadap biaya pinjaman, tanpa paperwork, dan melibatkan keputusan yang lebih cepat. Sistem Invoila dapat diakses secara online, sehingga Anda bisa mendaftarkan diri dan badan usaha kapanpun dan di manapun yang Anda inginkan, hal tersebut akan menghemat waktu dan biaya Anda.

  12. Dapatkah saya mengajukan pinjaman baru apabila pinjaman saya sebelumnya di Invoila masih belum lunas?

    Bisa. Namun, pinjaman Anda selanjutnya akan melalui proses analisis risiko yang terpisah.

  13. Apakah saya harus memberikan jaminan agar bisa memperoleh pinjaman?

    Ya. Untuk Invoice Financing selain menggunakan invoice sebagai dasar pencairan, kami akan meminta Anda untuk memberikan Purchase Order,Delivery Order, dan Invoice Receipt sebagai jaminan tambahan. Untuk mengetahui lebih jelasnya, silahkan mengirim email kepada support@invoila.co.id atau Anda dapat menghubungi kami melalui telepon di (+62)21-29308989 dari Senin-Jumat jam 09:00-17:00 WIB atau silahkan kontak melalui live chat Invoila.

  14. Bagaimana dengan nominal dan jangka waktu pinjaman?

    Invoila akan memfasilitasi pinjaman maksimal 80% dari nilai invoice atau minimal Rp 8 juta dan maksimal Rp 400 juta untuk setiap invoice yang diajukan. Jangka waktu pinjaman akan disesuaikan berdasarkan pilihan jangka waktu pinjaman saat pengajuan pinjaman.

  15. Apakah saya boleh melunasi pinjaman lebih awal?

    Tentu saja boleh. Invoila tidak membebankan biaya tambahan kepada pengguna yang melakukan pelunasan lebih awal, namun peminjam harus melunasi seluruh total tagihan yang dibebankan dan Fasilitas Pinjaman yang diterimanya.

  16. Bagaimana jika Payor saya tidak membayar invoice atau tagihan?

    Jika Anda berhasil didanai melalui Marketplace Invoila namun Payor Anda tidak melakukan pembayaran invoice, maka secara kontraktual Anda sebagai peminjam memiliki kewajiban untuk melakukan pelunasan pinjaman sesuai nominal pinjaman beserta bunganya.

  17. Bagaimana cara pelunasan pinjaman?

    Pelunasan Pinjaman dibayarkan seluruhnya pada saat jatuh tempo.

  18. Bagaimana jika Payor saya telat membayar invoice atau tagihan?

    Jika Anda berhasil didanai melalui Marketplace Invoila namun Payor Anda tidak membayar invoice, maka secara kontraktual Anda memiliki kewajiban untuk melakukan pelunasan pinjaman sesuai nominal pinjaman beserta bunganya dan denda keterlambatan (jika ada).

  19. Kapan saya bisa mengetahui pelunasan pinjaman saya?

    Pelunasan pinjaman dilakukan peminjam di akhir periode pinjaman, tergantung jangka waktu peminjaman. Bunga dan biaya admin akan dibebankan diawal saat pencairan pinjaman.

  20. Untuk pelayanan paska persetujuan pinjaman, bagaimana cara peminjam menghubungi Invoila?

    Peminjam dapat menghubungi kami melalui 3 cara, yaitu dengan mengirimkan email ke support@invoila.co.id atau hubungi kami melalui telepon di (+62)21-29308989 dari Senin-Jumat, jam 09:00-17:00 WIB atau silahkan melakukan kontak melalui live chat yang aktif selama pukul 09.00-17.00 WIB.

  1. Siapa yang dapat menjadi Pendana di Invoila?

    Seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun yang tinggal di Indonesia dan tunduk pada hukum yang berlaku di Negara Indonesia. Keabsahan identitas diri akan dibuktikan melalui dokumen e-KTP dan NPWP. Untuk mendukung pencegahan money laundering yang dilakukan oleh pemerintah, Anda diharuskan untuk memberikan data e-KTP. Selain itu, Anda harus mempunyai Rekening Bank di Indonesia.

  2. Bagaimana Cara mendaftarkan diri menjadi Pendana?

    Proses pendaftaran dimulai dengan membuat akun baru Invoila. Caranya sangat mudah :

    1. Pilih tombol "Masuk".
    2. Kemudian pilih tautan "Daftar Disini", Anda akan diarahkan ke halaman pendaftaran.
    3. Silahkan pilih Tab "Pendana".
    4. Isilah semua data yang diminta.
    5. Lalu pilih tombol "lanjutkan".
    6. Masukan Kode verifikasi SMS.
    7. Lalu pilih tombol "Kirim Sekarang".

    Selanjutnya ikutilah langkah-langkah berikut:

    1. Cek email Anda dan klik pada tautan (link) verifikasi yang Invoila kirimkan.
    2. Isilah Formulir Registrasi Pendana, Anda akan diminta untuk memberikan data pribadi, data legalitas perusahaan dan informasi rekening Bank.
    3. Akun Pendana Anda akan langsung aktif, namun sebelum melakukan aktivitas pendanaan, sebelum tim invoila melakukan verifikasi data yang anda masukkan.
    4. Untuk melakukan pendanaan mohon untuk melakukan setoran dana untuk pertama kali minimal Rp 5.000.000

  3. Bagaimana agar saya mendapat bantuan untuk proses pendaftaran?

    Jika Anda menemui kesulitan, silahkan mengirimkan email ke support@invoila.co.id atau hubungi kami via telepon di (+62)21-29308989 dari Senin-Jumat jam 9:00-17:00 WIB atau silahkan melakukan kontak melalui live chat Invoila yang aktif selama pukul 09.00-17.00 WIB.

  4. Apakah dana saya di Invoila aman?

    Dana anda disimpan di rekening terpisah dengan rekening operasional. Kami hanya akan melakukan transaksi sesuai dengan instruksi Pendana di platform.

  5. Apakah aman mendanai melalui Invoila?

    Ya.
    Pertama, Invoila menjunjung tinggi nilai transparansi dengan mencantumkan informasi umum seputar pinjaman serta syarat dan ketentuan pinjaman di Marketplace.
    Kedua, Tim Invoila akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan terhadap seluruh Calon Peminjam beserta pinjaman yang diajukan dengan menggunakan sistem penilaian kredit modern, sehingga hanya pinjaman berkualitas yang akan ditawarkan kepada Pendana.
    Ketiga, untuk produk Invoice Financing, Invoila hanya akan menerima invoice dari perusahaan/institusi/lembaga yang kredibel.
    Keempat, seluruh lalu lintas pendanaan akan dikelola oleh Invoila yang bekerjasama dengan Bank mitra.

  6. Apakah Pendana dapat mengetahui informasi tentang Peminjam?

    Invoila berkomitmen menjaga kerahasiaan identitas dan data pribadi Peminjam, sehingga hanya informasi demografis dan finansial yang akan kami beritahukan kepada Pendana. Informasi tersebut dapat digunakan untuk menganalisa tingkat risiko mendanai dari pinjaman yang ditawarkan.

  7. Siapa yang akan meminjam dari saya?

    Di Invoila anda meminjamkan langsung ke orang atau bisnis sesungguhnya, Anda akan mendanai UKM potensial yang berkembang di Indonesia. Para peminjam kami mendaftarkan pinjaman untuk tujuan modal kerja dalam rangka mengembangkan bisnis.
    Semua peminjam di Invoila harus melewati beberapa proses evaluasi dan validasi data untuk mendapatkan pinjaman. Mereka juga akan melewati proses analisa kredit yang meliputi analisa laporan keuangan, analisa permohonan pinjaman dan algoritma analisa keuangan kami untuk mengevaluasi kemampuan pembayaran mereka. Mohon diperhatikan bahwa suku bunga pinjaman terbagi dalam beberapa kategori yang diberikan berdasarkan analisa risiko.

  8. Berapa nilai minimum dan maksimum yang ditetapkan untuk mendanai pinjaman?

    Nominal mendanai minimal adalah Rp 500.000 untuk Pinjaman Bisnis pada setiap pinjaman yang didanai.

  9. Mengapa diberlakukan pembatasan terhadap nilai mendanai?

    Pembatasan nilai mendanai dilakukan untuk mendorong Pendana agar membuat portofolio mendanai yang terdiversifikasi. Dengan menyebar investasi ke beberapa pinjaman, Anda berkesempatan mengurangi risiko kerugian apabila Peminjam mengalami kegagalan pengembalian atau wanprestasi.

  10. Apa saja biaya yang diperlukan untuk mendanai di Invoila?

    Untuk saat ini, Invoila memungut biaya admin 10% dari Pendana yang hanya akan dikenakan setiap anda menerima pembayaran bunga pinjaman dan pajak yang berlaku atas penerimaan bunga dari pendanaan yang Anda lakukan.

  11. Kapan saya akan mendapatkan pembayaran dari pinjaman?

    Anda akan mendapatkan pelunasan pokok pinjaman dari peminjam pada akhir periode mendanai. Pada akhir periode Anda akan menerima pelunasan pinjaman yang berisi pokok pinjaman (prinsipal) dan bunga (beserta potongan biaya yang sudah disebutkan di poin 10) dan akan masuk ke dalam Dana Tersedia Anda.
    Dana yang tersedia dapat ditarik kapan saja sesuai keinginan anda. Setelah anda melakukan proses penarikan dana, maka dana akan kami dikirim ke rekening Bank anda yang telah didaftarkan.

  12. Berapa lama jangka waktu pendanaan?

    Semua pinjaman yang telah disetujui akan dipublikasikan di Invoila Marketplace dan diberi waktu hingga 7 atau 14 hari untuk pengumpulan dana, untuk setiap pinjaman yang dipublikasikan. Jika berhasil, dana pinjaman akan disalurkan kepada peminjam yang bersangkutan.
    Apabila dalam jangka waktu tersebut dana yang terkumpul masih belum tuntas/belum mencapai 70% dari jumlah pinjaman, maka pinjaman otomatis akan ditolak oleh sistem.
    Jika terjadi default, departemen collection dan pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman.

  13. Bagaimana hal ini menguntungkan saya?

    Invoila memotong biaya serta ketidakefisienan yang seringkali muncul dalam sistem perbankan tradisional dan memberikan manfaat lebih kepada peminjam dan pendana dengan menghubungkan pendana dengan peminjam yang sudah dievaluasi kelayakan dan kemampuan pembayarannya.
    Setelah permohonan peminjam selesai dievaluasi dan diverifikasi, Invoila akan melakukan penilaian kredit dan menentukan bunga pinjaman. Setelah itu pinjaman akan ditampilkan dalam Marketplace agar para pendana dapat melakukan pendanaan dengan sistem crowdfunding.

  14. Apa saja risiko mendanai di Invoila?

    Gagal bayar selalu jadi bagian dari risiko dalam meminjamkan uang, dikarenakan selalu terdapat risiko peminjam yang tidak dapat melunasi pinjaman. Invoila akan mengambil langkah pengukuran untuk mengurangi risiko selama proses aplikasi dan persetujuan pinjaman, ‘skenario’ terburuk mungkin terjadi dan perlu dipertimbangkan.
    Risiko terbesar yang mungkin terjadi dalam Peer to Peer (P2P) Lending adalah Pendana tidak menerima pokok pinjaman (prinsipal) dan/atau bunga bulanan dikarenakan kegagalan pembayaran. Invoila menyarankan para pendana untuk membaca informasi tentang layanan peer to peer agar dapat lebih mengerti keuntungan dan risiko dalam mendanai pinjaman. Meski demikian, kami telah memitigasi risiko ini dengan berbagai langkah seperti meningkatkan kualitas dan penilaian kredit pinjaman, menyeleksi invoice dengan Payor dari instansi yang kredibel.
    Sebelum Anda mengambil keputusan untuk memberi pinjaman di Invoila, kami menyarankan Anda membaca bagian Kenali Risiko agar Anda mendapat pengertian mengenai risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi sewaktu menggunakan platform Invoila.

  15. Invoila dinyatakan pailit atau bangkrut

    Risiko pailit yang diakibatkan oleh kondisi-kondisi di luar dugaan memang tidak dapat dihindarkan oleh perusahaan manapun, namun Invoila akan terus menjaga eksistensi perusahaan dengan mengandalkan reputasi dan portofolio pendanaan yang berintegritas, didukung oleh manajemen dan tim operasional yang solid dan berpengalaman.

  16. Apa yang terjadi jika Peminjam mengalami kegagalan pembayaran?

    Untuk meminimalkan risiko wanprestasi, Invoila akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan berdasarkan sistem penilaian kredit yang modern dan handal terhadap setiap pinjaman yang diajukan. Setelah dana disalurkan kepada Peminjam, Invoila juga akan melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan terhadap dana yang diberikan, pelunasan pinjaman pun dapat dilaksanakan tepat waktu.
    Jika Peminjam mengalami kegagalan pembayaran dengan kondisi apabila pembayaran pinjaman tersebut telah terlambat lebih dari 90 hari atau jika peminjam menolak untuk membayar, Invoila akan segera melakukan segala daya upaya dan mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan Pendana.

  17. Selain menjadi Pendana, apakah saya juga bisa menjadi Peminjam?

    Ya, tentu saja bisa, namun Anda harus melakukan pendaftaran sebagai peminjam terlebih dahulu di Invoila dengan menggunakan email yang berbeda tentunya.

  18. Bagaimana saya mengirim dana ke Invoila?

    Setelah akun anda terdaftar dan terverifikasi oleh tim Invoila, anda akan diberikan dengan nomor anggota yang unik, yang akan dijadikan nomor akun virtual Invoila anda. Untuk tata cara panduan setoran dana ke nomer akun virtual dapat dilihat pada bagian Panduan setoran di menu setoran Dana.

  19. Bagaimana bunga pinjaman Invoila?

    Mohon perhatian bahwa pinjaman yang tersedia mungkin terbagi dalam beberapa kelompok berdasarkan risikonya.

  20. Mulai Mendanai!

    Progress bar menunjukkan proses pendanaan untuk setiap pinjaman yang aktif. Jika progress bar telah mencapai 100%, artinya pinjaman tersebut telah mencapai jumlah yang diminta dan tidak dapat menerima pendanaan lagi. Anda bisa mendanai mulai dari Rp 5.000.000. Anda bisa memilih untuk mendanai satu atau banyak pinjaman pada waktu yang bersamaan. Tidak ada batasan berapa banyak pinjaman yang bisa anda pilih. Untuk melihat pilihan pinjaman yang sedang aktif dalam proses pengumpulan dana, silahkan login ke akun Invoila Anda dan klik menu "Marketplace".

  21. Apakah saya dapat membatalkan pendanaan yang telah diproses?

    Ketika pendanaan sudah disepakati, maka kami tidak dapat menarik kembali dana yang telah Anda salurkan. Penarikan semacam ini berpotensi mengganggu proses penggalangan dana dan merugikan Pendana lainnya.

  22. Bagaimana cara saya melakukan penarikan dana?

    Anda dapat melakukan penarikan dana kapanpun di halaman "penarikan dana" di akun Anda, selama dana tersebut tidak dialokasikan ke pinjaman manapun. Setelah penerimaan dan persetujuan penarikan dana, kami akan mengirimkan dana kembali ke rekening bank yang anda daftarkan selambat-lambatnya 1-2 hari kerja dengan biaya transfer antar bank (apabila rekening Anda bukan bank mitra).

  23. Apa yang terjadi ketika pelunasan dilakukan lebih awal oleh peminjam?

    Konsisten dengan visi kami untuk membangun UKM, kami membolehkan UKM peminjam untuk melakukan pelunasan pinjaman lebih awal.

  24. Apa yang terjadi ketika pelunasan terlambat dilakukan oleh peminjam?

    Kami selalu mengingatkan UKM peminjam untuk membayar tepat waktu. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, bunga dan denda keterlambatan akan dibebankan kepada peminjam, untuk keadilan Pendana. Kami juga akan memulai prosedur internal credit collection secepatnya. Apabila kami tidak berhasil mengumpulkan pengembalian setelah lebih dari 90 hari, pinjaman tersebut akan dianggap default. Ketika default terjadi, partner collection kami akan siap untuk mengumpulkan keterlambatan pembayaran tersebut. Jika usaha tersebut gagal, kami akan mengupayakan tindakan hukum.

  25. Apakah kegiatan operasional Invoila diatur oleh pemerintah?

    PT Sol Mitra Fintec (“Invoila”) selaku Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (Peer to Peer Lending) telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) dan pelaksanaan kegiatan usahanya diawasi secara ketat dan diregulasi oleh OJK berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi sehingga memastikan legalitas dan kepatuhan Invoila pada ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan di Indonesia dari waktu ke waktu.

  26. Kapan saya bisa mengetahui pelunasan pinjaman dari pendanaan saya?

    Anda akan mendapatkan informasi tanggal pelunasan pokok pinjaman dan penerimaan cicilan bunga, Klik tombol “Rincian Detail” pada pendanaan aktif anda.

  1. Bagaimana Cara mendaftarkan diri menjadi Perujuk?

    Jika Anda telah terdaftar di Invoila sebagai Pendana atau Peminjam aktif, maka Anda secara otomatis akan terdaftar sebagai perujuk.

  2. Apa syarat mendapatkan komisi 0.5% dari Pinjaman?

    • Anda harus terdaftar sebagai Pendana atau Peminjam aktif.
    • Rekan, keluarga, atau kolega Perujuk harus mendaftarkan diri dengan menggunakan kode Referral Perujuk.
    • Rekan, keluarga, atau kolega Perujuk harus mengajukan pinjaman atau mendanai dalam waktu 60 hari sejak bergabung di Invoila.

  3. Apa itu program perujuk di Invoila?

    Invoila membuat sebuah program unik bertajuk “Rujuk Teman Anda” yang bertujuan mendorong para anggota aktif agar mengajak teman, keluarga, serta koleganya untuk bergabung dengan Invoila dan menjadi Peminjam atau Pendana aktif. Sebagai imbalannya, Invoila akan memberikan reward berupa komisi yang menarik kepada perujuk.

  1. Apakah Invoila?

    Invoila merupakan layanan aplikasi berbasis online yang mempertemukan dan menghubungkan para pendana dengan para pemilik usaha UKM atau peminjam melalui online Peer to Peer Lending (P2PL) Marketplace. Tak hanya itu, Invoila juga menyeleksi, menganalisis, dan menyetujui aplikasi pinjaman yang diajukan oleh Peminjam agar menghasilkan Pinjaman yang berkualitas untuk ditawarkan kepada para Pendana.

  2. Apa itu Peer-to-Peer Lending (P2PL) Marketplace?

    Peer-to-peer lending (P2PL) Marketplace merupakan tempat mempertemukan orang yang ingin mendanai dan orang yang ingin mengajukan pinjaman melalui online Marketplace. Invoila menyediakan dan memfasilitasi proses tersebut. Pada prosesnya, P2PL menyediakan pinjaman berbunga kompetitif kepada peminjam dan keuntungan terbaik bagi pendana dengan mengoperasikan beban biaya yang lebih rendah daripada bank atau lembaga keuangan lainnya.

  3. Apa itu Marketplace?

    Marketplace merupakan wadah atau tempat bertemunya orang yang membutuhkan pinjaman dengan orang yang bersedia memberikan pinjaman.

    • Tempat dimana para Peminjam yang membutuhkan modal usaha mengajukan pinjaman.
    • Tempat dimana para Pendana yang ingin memberikan pinjaman yang aman dan menarik.

  4. Bagaimana Cara kerja Invoila?

    Invoila merupakan sebuah layanan online untuk pinjam dan meminjamkan uang, salah satunya dengan menggunakan metode pembiayaan tagihan (Invoice Financing), di mana pemilik bisnis dihubungkan dengan calon pendana didalam satu platform yang sama. Dengan sistem online ini, dapat mengurangi biaya dan ketidakefisienan sistem perbankan tradisional dan menawarkan keuntungan lebih bagi para pendana dan peminjam.
    Semua biaya yang dikenakan dan hanya membebankan biaya ketika transaksi anda telah berhasil.

  5. Apa itu Invoice Financing?

    Pinjaman Bisnis Invoila yang disebut sebagai Invoice Financing menggunakan mekanisme dengan menjaminkan invoice yang sedang berjalan sehingga dapat menjadi solusi pembiayaan yang simpel, cepat, dan efektif dalam memperoleh tambahan modal kerja. Invoice yang dulunya merupakan aset tidak produktif kini bisa menjadi lebih bernilai sebagai sumber pembiayaan modal kerja melalui Invoila. Saat invoice dibayar, peminjam akan membayar pinjaman dengan ketentuan yang sebelumnya telah disetujui.
    Pengajuan Invoice Financing akan dievaluasi dan disetujui berdasarkan kriteria dan pengujian yang ketat. Invoila mengevaluasi data yang diberikan calon peminjam dan melakukan validasi atas data tersebut.
    Hanya dengan mengajukan invoice melalui platform Invoila, peminjam mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan yang mudah. Setelah peminjam mengunggah dokumen invoicenya, tim Invoila akan melakukan analisis dan seleksi credit-scoring terhadap dokumen-dokumen tersebut dan jika kemudian disetujui, akan ditampilkan dan ditawarkan pada Marketplace sehingga dapat didanai sepenuhnya oleh Pendana.
    Pada akhir periode pinjaman, Payor akan membayar invoice yang dijadikan jaminan pembiayaan dan Pendana akan memperoleh dana berupa pokok pinjaman dan bunga atas pendanaan yang telah dilakukan.

  6. Apakah seluruh jenis invoice dapat didanai?

    Jenis invoice yang menjadi prioritas Invoila adalah yang ditujukan kepada Payor yang kredibel yaitu berupa perusahaan-perusahaan nasional, multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan. Nantinya, setiap invoice yang diajukan akan dianalisis, diseleksi, diverifikasi dan disetujui berdasarkan sistem penilaian kredit Invoila yang handal.

  7. Siapakah Payor didalam Invoice Financing?

    Payor merupakan orang atau instansi atau organisasi yang akan membayar invoice.

  8. Apakah Invoila merupakan Bank atau perusahaan finansial lainnya?

    Bukan, Invoila bukanlah Bank atau perusahaan finansial lainnya. Invoila berbeda dalam beberapa hal dan Invoila merupakan sebuah Marketplace financial dengan menyediakan layanan perantara untuk proses Peer to Peer Lending (P2PL).
    Tidak seperti layanan perantara konvensional, Invoila tidak berpartisipasi dalam aktivitas pinjam meminjam. Invoila hanya menyediakan platform untuk memfasilitasi prosesnya, mengadministrasi akun peminjam dan pendana.

  9. Apakah Invoila diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)?

    Invoila (PT. Sol Mitra Fintec) merupakan penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi yang resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kegiatan pinjam-meminjam di Invoila menggunakan metode Peer to Peer (P2P) Lending sebagaimana telah diatur dan diawasi oleh OJK sesuai dengan peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016. Sebagaimana diatur dalam peraturan tersebut, Penyelenggara adalah lembaga jasa keuangan lainnya yang bertugas untuk menyediakan, mengelola dan mengoperasikan situs invoila.co.id (platform).

  10. Siapa yang menjalankan Invoila?

    Invoila dijalankan oleh tim handal yang terdiri dari para praktisi berpengalaman di bidang keuangan dan teknologi.

  11. Apakah data pribadi saya aman di Invoila?

    Kami tidak akan memberikan informasi pelanggan kepada pihak ketiga tanpa izin, dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi. Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman, dilindungi oleh fitur keamanan online terbaik sesuai dengan ketentuan Privacy Policy Invoila. Dari segi server, tim Invoila telah melakukan instalasi firewall dan anti-virus untuk perlindungan, dan secara regular melakukan back-up untuk keamanan server Invoila.

  12. Bagaimana cara untuk memverifikasi alamat e-mail saya?

    Anda akan menerima e-mail yang berisi sebuah tautan (link) untuk memverifikasi alamat email Anda. Jika Anda tidak menerima e-mail tersebut, silahkan untuk mengecek pada bagian Spam.

  13. Bagaimana cara untuk mengganti password saya?

    Anda dapat mengganti kata sandi dengan masuk ke dalam akun Anda Invoila dan pada laman edit profile.

  14. Bagaimana jika saya lupa kata sandi (password)?

    Silahkan klik tautan Lupa kata sandi? pada halaman masuk. Instruksi untuk me-reset kata sandi Anda akan dikirimkan ke email Anda yang telah terdaftar di Invoila.

  15. Bagaimana cara untuk mengubah informasi rekening Bank saya?

    Untuk informasi seperti detil Bank, mohon mengirim email permohonan perubahan data informasi Bank Anda ke support@invoila.co.id. Hal ini dilakukan untuk meyakini bahwa perubahan informasi penting tersebut memang berasal dari Anda. Sedangkan jika Anda ingin mengganti informasi nomor rekening Bank, yaitu dengan masuk ke dalam akun Invoila Anda dan pada laman Dashboard, klik pada tombol pengaturan. Pada bagian Akun Bank, ubah data sesuai yang Anda inginkan.

  16. Bagaimana saya menghubungi Invoila?

    Jika anda memiliki pertanyaan mengenai cara meminjam atau mendanai pinjaman di Invoila dan tidak dapat menemukan jawaban dari pertanyaan Anda di laman FAQ kami, silahkan untuk mengirim email ke support@invoila.co.id atau hubungi kami melalui telepon di (+62)21-29308989 saat jam kerja, Senin – Jumat di jam 09:00 sampai 17:00 WIB.