Cara Kerja

Invoila merupakan platform penyedia layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi, dengan solusi peer to peer lending bagi peminjam yang membutuhkan modal usaha dan mempunyai fokus untuk membantu UKM dalam mendapatkan dan meningkatkan modal demi kelangsungan bisnis mereka.
Dengan memanfaatkan kemampuan cloud internet online untuk mengatur dan menghubungkan dengan menghubungkan Pendana yang ingin membantu memberikan pinjaman dan Peminjam yang ingin memperoleh pinjaman secara online, kami menjadikan aktivitas pinjam meminjam lebih mudah diakses bagi keduanya.

Menunggu payor untuk membayar invoice dapat berdampak negatif terhadap arus kas dan kondisi finansial pemilik bisnis.

Pinjaman Bisnis Invoila dengan menjaminkan tagihan yang sedang berjalan dapat menjadi solusi pembiayaan yang simpel, cepat, dan efektif dalam memperoleh tambahan modal kerja yang dikenal dengan istilah Invoice Financing. Invoice yang dulunya merupakan aset tidak produktif kini bisa menjadi lebih bernilai sebagai sumber pembiayaan modal kerja melalui Invoila. Saat invoice dibayar, peminjam akan membayar pinjaman dengan ketentuan yang sebelumnya telah disetujui.

Pengajuan invoice financing akan dievaluasi dan disetujui berdasarkan kriteria dan pengujian yang ketat. Invoila mengevaluasi data yang diberikan calon peminjam dan melakukan validasi atas data tersebut.

Hanya dengan mengajukan tagihan melalui platform Invoila, peminjam mempunyai kesempatan untuk mendapatkan pembiayaan yang mudah. Setelah peminjam mengunggah dokumen tagihan invoicenya, tim Invoila akan melakukan analisis dan seleksi credit-scoring terhadap dokumen untuk kemudian disetujui, ditampilkan dan ditawarkan pada marketplace sehingga dapat didanai sepenuhnya oleh Pendana.

Sedangkan bagi Pendana, dengan memberikan pinjaman melalui Invoice Financing, pendana membantu perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya.

Invoila tetap menjamin bahwa setiap aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami terus memonitor Peminjam dan akan mengingatkan peminjam untuk membayar pinjaman secara tepat waktu.

Pada akhir periode pinjaman, Payor akan membayar invoice yang dijadikan jaminan pembiayaan dan Pendana akan memperoleh dana berupa pokok pinjaman dan bunga atas investasinya. Catatan: Besar pinjaman yang dapat digunakan oleh Peminjam adalah maksimal 80% dari nilai invoice.

Bagaimana cara kerja invoice financing?

  1. Peminjam akan melakukan registrasi di system Invoila sebagai peminjam. Invoila akan memberikan kode anggota yang digunakan sebagai no. akun virtual Invoila.
  2. Peminjam membuat dan mengirimkan Invoice kepada Payor (buyer) dimana rekening pembayaran Payor ke no. Akun virtual Invoila peminjam di bank yang bekerja sama.
  3. Peminjam melakukan permintaan pinjaman dan mengupload dokumen Invoice yang telah dikirimkan ke payor. Dimana rekening pembayaran Payor ke no. akun virtual Invoila peminjam di bank yang bekerja sama.
  4. Tim Invoila akan memverifikasi Payor, kemudian menawarkan Invoice tersebut ke marketplace Invoila untuk didanai oleh para pendana.
  5. Pendana melakukan pendanaan terhadap pinjaman invoice tersebut.
  6. Pinjaman akan dicairkan setelah memenuhi minimal 70% atau 100% pendanaan terpenuhi.
  7. Pada saat jatuh tempo, payor akan melakukan transfer ke no. virtual akun Invoila peminjam sejumlah nominal Invoice yang ditagihkan.
  8. Invoila akan memproses pelunasan pinjaman dan melakukan pengembalian pinjaman ke para pendana.
  9. Peminjam dapat melakukan penarikan dana sisa pembayaran Invoice (jika ada) dan akan diproses kurang lebih 1-2 hari kerja.

Seiring dengan perkembangan teknologi, aktivitas pengajuan dan pemberian pinjaman juga berkembang ke tingkat yang lebih tinggi dengan memanfaatkan platform yang merupakan suatu wadah yang mempertemukan banyak orang yang membutuhkan pinjaman dengan banyak orang lainnya yang bersedia memberikan pendanaan pinjaman. Dengan itu, satu pinjaman dapat memperoleh dana dari banyak Pendana. Uniknya, Peminjam dan Pendana tidak perlu bertemu secara langsung.

Keseluruhan proses tersebut dilakukan secara online di situs perusahaan pemberi pinjaman peer to peer dengan menggunakan platform dan menggunakan alat analisis kredit yang akurat.

Peran Invoila adalah menjalankan platform dengan menyediakan wadah bagi para peminjam dan pendana untuk saling bertemu dalam sebuah Marketplace. Tak hanya itu, Invoila juga menyeleksi, menganalisis, dan menyetujui aplikasi pinjaman yang diajukan oleh Peminjam agar menghasilkan pendanaan yang berkualitas untuk ditawarkan kepada para Pendana.

Bagaimana cara kerja Peer to Peer Lending Invoila?

  1. Mengajukan pinjaman online
  2. Analisis & persetujuan pinjaman
  3. Penawaran pinjaman
  4. Pinjaman didanai
  5. Pencairan pinjaman
  6. Pembayaran pinjaman

Dalam setiap kegiatan pendanaan, Pendana selalu memiliki potensi kehilangan seluruh pendanaannya atau mendapati pembayaran pokok dan bunga yang akan diterima terpengaruh oleh beberapa hal. Sebelum anda mengambil keputusan untuk memberi pinjaman di Invoila, kami menyarankan anda membaca bagian ini agar anda mendapat pengertian mengenai risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi sewaktu menggunakan Platform kami.

  • Risiko Bisnis & Industri

    Peer to peer lending merupakan industri yang baru di Indonesia, dan terdapat banyak ketidakpastian dan tantangan yang dihadapi.

    Peminjaman uang adalah aktifitas yang memiliki banyak risiko, dan hal ini merupakan realitas yang sama di Invoila. Tim Invoila mengambil banyak langkah dalam menilai suatu pinjaman agar hanya peminjam yang berkualitas yang dapat memperoleh pinjaman. Namun, hal tersebut tidak dapat menghapus segala jenis risiko.

    Kemungkinan adanya gangguan layanan dari provider Invoila yang memakai berbagai jasa dari Pihak Ketiga dan menggabungkan mereka untuk memberikan suatu solusi jasa yang terpadu di Platform Invoila. Ini termasuk koneksi broadband, server, data center, tes keamanan, dan jasa transfer dana. Apabila terjadi gangguan atau kerusakan dari jasa ini, maka jasa dan layanan yang Invoila berikan mungkin akan terhambat. Walaupun tim Invoila telah menelaah dan memilih hanya penyedia jasa yang berkualitas, masih terdapat risiko penyedia jasa mengalami insiden yang tidak lazim, yang dapat menyebabkan terganggunya layanan yang diberikan Invoila.

  • Gagal Bayar

    Dengan fasilitas pendanaan yang ditawarkan oleh Invoila saat ini berupa verifikasi pinjaman, credit scoring, dan credit grading yang lengkap, namun kemungkinan terjadinya gagal bayar oleh Peminjam pada platform Invoila akan tetap ada. Level akurasi dari credit scoring dan grading yang tim Invoila gunakan juga tidak dapat merefleksikan kondisi dan karakter kredit Peminjam secara utuh. Selain itu, Peminjam bisa mengalami gagal bayar karena kondisi di luar dugaan seperti sakit keras atau meninggal dunia.

    Gagal bayar merupakan realitas dalam kegiatan peminjaman, anda harus ingat bahwa ada sebagian atau semua peminjam anda akan gagal bayar atas pinjaman yang anda berikan.

  • Pembayaran Bergantung kepada Peminjam

    Platform Invoila hanya sebagai mediator, dan memberikan pembayaran pinjaman dari peminjam kepada pendana. Invoila tidak bertanggung jawab apabila peminjam tidak melakukan pembayaran atau gagal bayar atas pinjaman mereka. Oleh karena itu, harus anda ingat bahwa jika peminjam lupa, telat atau gagal membayar kewajiban atas pinjaman mereka, akan berdampak pada jadwal pengembalian pinjaman yang Anda terima.

  • Pembayaran pinjaman telat dari jadwal

    Jika peminjam gagal melakukan pembayaran sesuai dengan jadwal, Invoila akan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menindaklanjuti peminjam. Namun, jika telah melewati 90 hari, akan ada kemungkinan Invoila merujuk kepada agen penagihan untuk penindaklanjutan, dan biaya atas jasa penagihan ini bisa dikenakan terhadap pokok pinjaman yang bisa dipulihkan. Pendana harus mencatat bahwa jika kasus ini terjadi mereka tidak akan mendapatkan jumlah yang penuh atau adanya kemungkinan upaya penagihan gagal untuk mendapatkan pinjaman kembali.

  • Penipuan Identitas

    Kondisi dimana Peminjam bukanlah pemilik identitas sebenarnya sehingga terdapat kemungkinan tidak dilakukan pembayaran sama sekali. Peminjam bisa jadi merupakan korban pencurian identitas atau oknum yang melakukan pemalsuan informasi gaji dan kewajiban utang yang dapat mempengaruhi kemampuan bayar mereka. Untuk menghindarinya, Invoila akan memproteksi Pendana dengan sistem pengamanan dan manajemen risiko yang mutakhir.

  • Fluktuasi suku bunga

    Suku bunga di industri keuangan bisa berfluktuasi dari waktu ke waktu dan mengikuti kondisi ekonomi. Perubahan drastis terhadap suku bunga ini bisa menyebabkan aktifitas pinjam meminjam di Platform kami kurang menguntungkan, dan kami mungkin akan mengalami kesulitan untuk memberikan kualitas layanan yang sama.

  • Risiko apabila terjadi musibah

    Musibah bisa menyebabkan kerusakan terhadap kantor dan server kami, atau menyebabkan luka ke anggota tim kami, dan ini bisa menyebabkan Platform mengalami keterlambatan atau menjadi offline sementara. Kami memiliki prosedur disaster recovery, tapi ini akan memakan waktu dan biaya untuk membawa kualitas layanan kami kembali ke level sebelum kejadian.
    Usaha kami sangat bergantung terhadap fungsional infrastruktur internet dan telekomunikasi. Musibah seperti gempa, banjir, terorisme, aksi massa, dan lainnya bisa menyebabkan kerusakan terhadap infrastruktur ini dan menyebabkan gangguan atau penghentian terhadap layanan kami. Ini bisa berdampak negatif atas kualitas layanan kepada pengguna kami dan kerugian kepada pendana kami.

  • Invoila dinyatakan Pailit atau Bangkrut

    Risiko pailit yang diakibatkan oleh kondisi-kondisi di luar dugaan memang tidak dapat dihindarkan oleh perusahaan manapun, namun Invoila akan terus menjaga eksistensi perusahaan dengan mengandalkan reputasi dan portofolio pendanaan yang berintegritas, didukung oleh manajemen dan tim operasional yang solid dan berpengalaman.

  • Langkah untuk mengurangi risiko-risiko tersebut?

    Diversifikasikan pendanaan anda kedalam beberapa pinjaman.

    Invoila sangat menyarankan Pendana agar tidak menyalurkan dana hanya untuk satu atau beberapa pinjaman. Jika anda mendanai kepada satu atau sejumlah kecil peminjam saja, tingkat pengembalian dana anda akan bergantung pada kinerja sejumlah kecil peminjam. Diversifikasi atau penganekaragaman pendanaan anda atas pinjaman akan sangat mengurangi risiko yang timbul, meskipun tidak berarti risiko tersebut hilang. Anda tentu masih dapat kehilangan sebagian atau semua pendanaan yang telah anda berikan.

  1. Biaya administrasi

    Besar biaya administrasi yang dikenakan oleh Invoila sebesar 3 - 3,5% berdasarkan jumlah pinjaman yang disetujui dan risiko pinjaman. Biaya akan dikenakan secara otomatis ketika pinjaman dicairkan kepada Peminjam.

  2. Biaya bunga

    Biaya bunga akan mengacu pada tingkat risiko yang dihasilkan dari proses credit scoring oleh Tim analis Invoila. Saat calon Peminjam mengajukan pinjaman melalui platform Invoila, Tim analis Invoila secara otomatis akan menganalisis setiap data, dokumen, dan keterangan lainnya yang diajukan oleh calon Peminjam. Hasil analisis tersebut akan menampilkan kualitas dari pinjaman sebagai penentu tingkat dan biaya bunga yang harus dibayarkan oleh Peminjam.

  3. Biaya Keterlambatan

    Setiap keterlambatan pembayaran pinjaman, Peminjam akan dikenakan denda keterlambatan sebesar 1% dari jumlah tanggungan yang tertunggak.

  4. Suku Bunga dan Risk Grade

    Risk Grade Rate per Bulan
    Low Risk A1 1,00 %
    Low Risk A2 1,10 %
    Medium Risk B1 1,25 %
    Medium Risk B2 1,35 %
    High Risk C1 1,50 %
    High Risk C2 1,70 %